Tips mengoleksi vinyl #1

4
202

Apa kira-kira vinyl yang pas seharusnya dibeli mereka untuk pertama kali?

Gue beli vinyl apa dulu ya? tanya seorang temen saat melihat vinyl-vinyl cantik yang berjejer di sebuah kios di jalan Surabaya.

Mending beli aja semuanya, beres! jawab gue.

Kita berdua ketawa geli seolah kita adalah miliuner atau anggota DPR yang baru dapet duit hasil korupsi.

Iya, kalo bisa satu jalan Surabaya gue beli semua, jawab gue.

Ini kadang terjadi tatkala kita selalu bingung gimana memulai koleksi pertama.

Tips pertama: Mulai dari rasa penasaran lo. Gue pernah beli album Prince, karena gue penasaran. Begitu juga dengan Black Sabbath. Gue juga pernah beli Jason Donovan yak arena gue dulu kecil pernah denger lagunya. Juga Madonna, Rick Astley.

Lihat tulisan gue tentang vinyl pertama gue di sini.

Saat itu gue mulai dengan pilihan-pilihan band 60s. Dan The Byrds memang salah satu yang jadi sumber rasa penasaran gue.

Lo musti dengerin apa rasanya lo dengerin Step By Step-nya NKOTB di vinyl daripada di kaset,kata gue saat temen gue tengah menimang-nimang single NKOTB.

Rasa penasaran yang kadang menggiring gue buat beli vinyl-vinyl instrumen Latin, Afrika sampai Keroncong, album-album yang notabene jarang gue liat di CD atau kaset. Ini bisa mengobati rasa penasaran gue dengan musik-musik yang belum pernah gue denger sebelumnya. Thanks to vinyl yang menurut gue a trip to the past and to the unknown world of music.

Dan satu hal yang terpenting adalah budget. Kecuali lo dapet duit dari hasil korupsi yang lo bisa beli semua vinyl, bagi gue ya tentunya harus disesuaikan dengan budget atau anggaran tiap bulannya.

So, happy hunting!

4 COMMENTS

  1. betul, saya ngerasain dari kaset, cd, vynil..
    emang beda sih hasilnya..
    dan kalo ditanya koleksi apa aja yg dibeli dulu, hmm mungkin prefer yg suka aja sih sama kaya mau makan, mana yg doyan 😛

  2. Gw kadang jd aga minder soal koleksi 🙁 soalnya walaupun koleksi vinyl gw makin nambah tp semua nya reissue, sbnrnya ngk ad yg salah tp rasanya beda kalo liat para vinyl junkie punya yg versi original (keluaran pertama), gmn tu cum?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here