Tips Jajanrock

Tips Jajanrock

Simak Tips subyektif tentang Jajanrock

584
0
SHARE

Saya barusan jajanrock*) tepatnya di Jakarta Pusat. Ini jajanrock ketiga setelah sebelumnya di Singapura, lalu di Record Store Day. Yang satu ini lumayan menguras dana, tapi ya lumayan worth it hasilnya karena saya mendapatkan beberapa items yang oke lah (subyektif saya ya), tentunya dengan harga yang masuk akal juga.

9 plat saya beli hari itu, tentunya dengan proses nego yang cukup alot, dan akhirnya si penjual memberikan harga win-win.

Bicara tentang jajanrock, banyak yang komentar, baik wasap dan via twitter, juga ketemu muka selama saya siaran di ruangrupa tentang betapa mereka selalu bingung ketika jajanrock, apa yang duluan harus dibeli, berapa duit yang ia punya, pressing, kondisi plat dan lain sebagainya.

Wah jujur sih, pas ditanya gitu lumayan pusing ya. Ya, bukan apa-apa, saya juga masih belum terlalu ngerti dalem soal gimana cara jajanrock yang oke. Semua pasti punya idealnya masing-masing.

Tapi kalo boleh saya ngasih 5 tips aja deh, mungkin bakal kaya gini.

1. Vinyl Hari Ini Gak Murah

Dulu, saya bisa dapetin vinyl 12 inch dengan harga 20 – 50.000 (paling mahal). Sekarang, udah pasti gak ada yang segituan lagi ya. Minimal sih 100 ke atas. 150 udah paling murah. Nah, beruntung jika kamu dapat vinyl di bawah 100 ribu, gak boleh dilewatin tuh (meskipun cek dulu, albumnya kamu suka dan kondisinya mulus gak)

2. Beli Yang Disuka 

Mulai dari apa yang kamu suka, Suka rock, beli vinyl rock, suka pop beli vinyl pop, suka punk beli vinyl punk. Cuma buat kasus yang terakhir, vinyl-vinyl punk kayanya sih gak ada yang murah ya, hehehe. Bagaimana jika ada vinyl yang tidak begitu kamu tahu tapi harganya murah dan kamu ingin banget beli? Hmm, kalo ini ada 2 tipsnya: 1. kamu minta jelasin shopkeeper apa aliran musik dari band ini vinyl ini keren. 2. Cari informasi tentang rekaman atau si band ini (use wikipedia atau google the album). Kasus: Saya barusan membeli Cheap Trick. Saya gak tahu band ini sebelumnya sampai saya tahu bahwa band asal Illinois ini adalah salah satu power pop bersama Raspberries, Badfinger. So, disamping harganya murah, kondisi bagus, saya pindahtangankan aja.

3. Sesuaikan Budget

Ini nih yang penting. Budget menentukan berapa dan vinyl apa yang kamu beli. Misal kamu punya duit 300 ribu mau dapet 3 vinyl? Uhm, sulit juga sih, kecuali mungkin rekaman kompilasi misalnya K-Tel atau album ABBA. Tapi tenang, vinyl kan harus 12 inch. Mungkin kamu bisa bundling 1 rekaman 12 inch dan 3-4 rekaman 7 inch yang kamu suka? Saya sering melakukan itu sih.

4. Jual Buat Beli Lagi

Jika vinyl kamu udah kebanyakan di rumah, jangan ragu untuk menjual untuk mendapatkan vinyl yang kamu suka. Terkadang 4 bulan pertama, kamu lebih beli apa yang kamu suka. Namun ada kalanya kamu akan bertemu ‘jalur’ musik yang kamu suka untuk kamu cari koleksi vinylnya. Misal album-albumnya Morrissey, atau album Black Sabbath yang ingin kamu lengkapi. So, terpaksa kamu harus merelakan ABBA atau Fleetwood Mac mu dijual atau barter.

5. Reissue Bukan Berarti Gak Keren

Ada orang yang tipenya mau beli vinyl yang first press. Ya, gak ada salahnya sih, mengingat kamu memegang kopian pertama dari rekaman tersebut. Tapi kalo kondisi dan suaranya gak oke, ya, buat apa juga. Dan kadang vinyl-vinyl yang udah direissue pun suara justru lebih asik kok. So, pilih yang mana?

Well, kayanya segitu aja deh, tips subyektif saya tentang jajanrock. Pastinya nih, vinyl itu bukan hobi yang murah, meski kadang bisa dibuat murah. Kamu harus punya budget spesial buat yang satu ini.

*) Jajanrock = kegiatan belanja/jajan vinyl/piringan hitam. Dari beli di toko atau hunting di tempat-tempat spesial