Apa itu Vinyl

0
811

Apa itu Vinyl?

Bagi kalian yang ingin tahu lebih detil apa itu piringan hitam, bentuk dan sejarahnya, sila Klik disini

Gue juga nggak tahu kapan persisnya vinyl masuk ke Indonesia. Belakangan pengamat musik, om Denny Sakrie, memberikan cerita menarik tentang perkembangan sejarah piringan hitam di Indonesia. Penasaran? Klik Disinidan Disini.

Tapi yang gue ingin bicara disini adalah kapan awal ya gue berkenalan dengan vinyl?

Perjumpaan pertama kali gue dengan vinyl/piringan hitam secara dekat adalah ketika suatu kali saya mewawancarai David Tarigan untuk suatu artikel yang gue akan tulis di majalah Outmagz.

Saat itu tahun 2006 dan itu tahun gue balik ke Jakarta setelah 8 tahun kuliah dan bekerja di Jogja. Awal tahun itu gue nghabisin waktu bekerja sebagai pimpinan redaksi di sebuah majalah alternatif bernama Outmagz. Lumayan lah, sebagai pria single yg masih tinggal sama orang tua, sebagian kecil gaji gue untuk membeli vinyl.

Nah, tentang David Tarigan, yang gue kenal adalah seniman muda asal Bandung sekaligus penulis musik di majalah Ripple. Doi hijrah dan pulang ke Jakarta untuk meniti karirnya sebagai A&R di Aksara Records, label yang melahirkan banyak band-band unik semacam White Shoes and The Couples Company, The Adams, The Brandals, etc. Saat itu, kecintaan akan musik Indonesia lah yang membuat gue tertarik untuk mewawancarainya.

Wawancara sendiri berlangsung di sebuah Cafe kecil di dalam toko Buku Aksara (sekarang sudah tidak ada). Sebuah pembicaraan tentang soundtrack musik-musik Indonesia. Saat itu, David membawakan piringan hitam/vinyl soundtrack film-film Indonesia. Diantaranya Lagu Untukmu dan Pengantin Remaja.

Nah, disitulah gue mengamati uniknya piringan hitam, unik banget nih: dari rautnya, guratannya, lekuknya, penampilannya, covernya yang besar dan lebar. Plastik di luar, sampul kertas di dalam. Untuk sekian menit, gue udah kaya manusia purba yang ngeliat benda asing, teknologi yang baru. Ironis memang, mengingat benda itu telah diproduksi beberapa tahun silam.

Di akhir pembicaraan, David memberikan sedikit informasi tentang mengapa mengoleksi vinyl itu begitu menyenangkan.

Pertemuan ini lah yang menjadi pemicu gue untuk membeli membeli vinyl pertama gue. Mau tau apa vinyl pertama gue? Ikutin cerita gue selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here