5 Alasan Kenapa Vinyl 7 Inci Itu Keren

5 Alasan Kenapa Vinyl 7 Inci Itu Keren

860
1
SHARE

Meskipun ada banyak jenis dari vinyl dari sejak jaman dulu diciptakan, namun jenis yang umum sekarang hanya terbagi dalam dua jenis saja: Pertama, jenis LP (long play) yang biasanya 10 – 12 inci dengan putaran (speed) 33 rpm dan yang kedua adalah 7 inci, format vinyl yang kecil imut-imut tapi memiliki daya magnit yang luar biasa.

Boleh dibilang, sejak 2 tahun lalu, saya lebih memilih mengumpulkan rekaman-rekaman 7 inci. Hingga tak terasa sudah ada 4 crate kecil di kamar saya khusus untuk menampung rekaman-rekaman vinyl kecil ini. Vinyl kecil 7 inci ini biasanya berisi 2 lagu (side A dan side B). Pada beberapa kasus, ada yang berisi 3 lagu dan 4 lagu (pada beberapa rekaman vinyl Indonesia).

Tulisan ini saya buat melihat mulai menumpuknya vinyl-vinyl 7 inci saya di beberapa crate yang membuat saya sadar, “waduh banyak juga ya?” mahal kalau dihitung-hitung, jumlahnya lebih banyak dari jumlah LP saya. Saya lalu flashback ke perjalanan #jajanrock beberapa waktu terakhir, dan harus saya akui sekarang ini boleh dibilang saya ngefans dengan rekaman vinyl 7 inci ini.

Memang apa sih yang menarik dari vinyl rekaman 7 inci ini? Padahal lebih enak mendengarkan rekaman LP yaitu album yang berisi 10-12 lagu? Berikut 5 alasan yang menarik.

1. Harga lebih murah
Ya, ini sih untung-untungan. Memang umumnya, single 7 inci lebih murah daripada album. Dan beruntung pada beberapa kasus, saya sering menemukan rekaman-rekaman bagus yang mungkin saya tidak pernah ada kesempatan untuk mendapatkannya di album namun ada versi 7 incinya.

2. Pas buat dibawa piknik
Saya biasanya suka membawa vinyl player portable saya untuk piknik ke luar kota. Karena saya suka sekali hunting, maka jenis portable (memakai baterai) adalah jenis yang cocok buat saya. Dan terkadang saya suka membawa serta beberapa vinyl kecil buat dimainkan. Karena bentuknya kecil, dan udah akrab banget sama portable player yang juga handy bentuknya, ya jadi vinyl 7 inci ini nggak merepotkan buat dibawa di koper. Nggak percaya? Cobain!

3. Dapet bonus B-side
nah, yang menarik dari vinyl 7 inci yang pastinya jarang ada di vinyl album adalah kita bisa dapetin b-side yaitu lagu bonus track yang seru. as you know, 7 inci biasanya memuat 2 lagu. 1 lagu di side A sebagai single yang dijagokan dari album. Dan di side B adalah lagu lain yang keren yang dipakai sebagai pelengkap yang kadang bisa sekeren singlenya, atau kalau tidak ya, sebagai bonus track yang sayang buat dilewatkan. Misal ketika saya membeli 7 inci “Paperback Writer”-nya The Beatles, b-side nya adalah “Rain”, lagu yang juga saya suka.

4. Kadang lebih rare dari album
Kalo yang ini nih pastinya buat kolektor akut, terkadang mereka justru memilih untuk hunting 7 inci ketimbang album. terkhusus untuk rekaman-rekaman Sarah records (yang memang jarang memproduksi album), atau rekaman-rekaman single Belle And Sebastian dan the Smiths yang punya cover yang lebih menarik daripada album. Atau bisa jadi rekaman single dari musik-musik yang belum saya pernah dengar sebelumnya. Dari musik reggae, ska atau musik funk dari Mozambik.

5. Lebih asik dibuat nge-DJ
Mostly musik-musik yang saya suka dari selecter tiap kali ada acara DJ adalah musik R&B dan ska, reggae, rocksteady. Dan sebagian besar DJ yang memainkan itu memainkannya lewat rekaman single 7 inci. Entah memang rekaman itu tidak tersedia di album atau memang begitulah adanya.